Sistem Informasi Pengelolaan Aset di SDI AL–ANSHAR

Bagas Wijaya, Muhamad Nur Witama

Abstract


Teknologi informasi yang bergerak dalam bidang pengelolaan aset atau sistem informasi manajemen, asset merupakan salah satu sistem yang banyak digunakan oleh perusahaan termasuk sekolah. Tujuan penelitian ini adalah merancang sistem informasi pengelolaan asset pada SDI AL–Anshar Bekasi yang dapat memudahkan SDI AL–Anshar dalam pendataan/aset dan pembelian sehingga menjadi lebih cepat dan akurat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Hasil penelitian ini yaitu aplikasi pengelolaan asset yang dapat mempermudah petugas pengelola mengetahui barang aset yang dimiliki oleh sekolah dan juga dapat memberikan informasi data asset barang yang lebih akurat. Juga untuk menghindari resiko kehilangan data, karena data disimpan di database dan mudah untuk membuat salinan datanya, dan untuk merapihkan data agar lebih terstruktur dan dinamis.


Keywords


Sistem Informasi, Pengelolaan Aset, Data

Full Text:

PDF

References


Anhar. (2010). PHP & MySql Secara Otodidak - Google Buku. In Mediakita.

Dvorski, D. D. (2007). Installing, configuring, and developing with Xampp. D. Dvorski Dalibor.

Fatoni, A., Dwi, D., NS, S., Sutabri, T., Subandi, Syahidi, A. A., Hayadi, B. H., Rukun, K., S, R. A., Shalahuddin, M., Muslihudin, M., Oktafianto, Mardiani, E., Rahmansyah, N., Kurniawan, H., Muliawati, A., Permana, D. S., Hutahaean, J., Huda, M., Setiawan, E. B. (2018). Java Fundamental Dengan Netbeans 8.02. In Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan.

Indrajani. (2018). Database Design All in One - Theory, Practice, and Case Study. In Buku Database.

Jeperson Hutahean. (2015). Konsep Sistem Informasi - Jeperson Hutahaean - Google Buku. In Agustus.

Maniah; Hamidin, D. (2017). Analisis Dan Perancangan Sistem. Universitas Widya Mandala Madiun.

Muhammad Muslihidin, & Oktafianto. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. In Jurnal Teknik Informatika Politeknik Sekayu (TIPS).

Pamungkas, C. A. (2017). Pengantar dan Implementasi Basis Data. In Pengantar dan Implementasi Basis Data.

Salhazan. (2014). Sistem Manajemen Basis Data, Yogyakarta. Universitas Stuttgart.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung:Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Supriyono, H., Noviandri, A. M., & Purnomo, Y. E. (2017). Penerapan Sistem Informasi Berbasis Komputer Untuk Pengelolaan Aset Bagi SMP Muhammadiyah 1 Kartasura. The 6th University Research Colloquium 2017.

Sutabri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi. In Analisa Sistem Informasi.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v2i03.1079

Refbacks

  • There are currently no refbacks.