Faktor Kesulitan Belajar Matematika Pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII MTs Al-Khairiyah Jakarta

Yuli Pamuji Yanti, Supardi Supardi

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui faktor kesulitan belajar matematika pada materi pola bilangan kelas VIII di MTs Al-Khairiyah Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan populasi target adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Al-Khairiyah Jakarta. Teknik pengambilan data menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Populasi terjangkau 24 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 9 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kesulitan belajar siswa pada materi pola bilangan terdiri dari dua faktor utama, yakni: (1) faktor intern berupa kurangnya motivasi diri siswa, kurangnya sikap dan minat siswa dalam belajar matematika, dan kesehatan tubuh siswa yang terkadang kurang sehat hingga proses belajar tidak terasa efektif; dan (2) faktor ekstern berupa metode pembelajaran yang disampaikan guru belum bervariasi dan belum tepat sasaran, lingkungan keluarga yang tidak turut andil memberikan motivasi, dan dukungan serta faktor lingkungan sekolah yang kerap memberikan pengaruh negatif pada siswa. Adapun untuk hasil penelitian berupa data tes pemahaman konsep materi pola bilangan menunjukkan bahwa: 66,67% siswa belum mampu mengaitkan berbagai konsep, 70,37% siswa belum mampu memberi contoh konsep, dan 51,85% siswa belum mampu menyatakan ulang konsep pola bilangan. 


Keywords


Analisis Faktor Kesulitan Belajar Matematika; Materi Pola Bilangan; Pembelajaran Matematika.

Full Text:

PDF

References


Adrelia, D. I., Kurniawati, V., & Prahmana, R. C. I. (2015). Permainan bom angka dalam konsep kelipatan persekutuan terkecil untuk anak sekolah dasar. Jurnal Elemen, 1(1), 25-35.

Chusna, F. A. (2016). Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD Negeri I Pangenrejo Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo. Diakses Hari Selasa 21 Februari 2019 Jam 23.13 WIB (https://core.ac.uk/download/pdf/78034844.pdf).

Djamarah, S. B. (2014). Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Hakim, A. R. (2019). Menumbuhkembangkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, Vol.5, 555-564. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/3933/354#

Masrurotulaily, dkk (2013). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Keuangan Berdasarkan Model Polya pada Siswa Smk Negeri 6 Jember. Prosiding Kadikna, Vol 4.

Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Formatif: JurnalIlmiah Pendidikan MIPA, 6(2), 149-160. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/950/883

Saputra, B. C., Hakim, A. R. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Matematika dengan Structured Dyadic Method dan Brain Gym Method. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(2), 183-192. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/2491/1878

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yuli Yanti, Paizah paizah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.