Penerapan role playing pada pembelajaran Matematika Sekolah Dasar

Lulu Imanizar, Sopia Manalu, Nadia Lisbeth Napitupulu

Abstract


Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui (1) Definisi role playing (2) Tujuan model pembelajaran role playing (3) Peran dan cara menerapkan model role playing pada siswa sekolah dasar (4) Kelebihan dan kekurangan model role playing. Model role playing cukup baik dalam melatih dan meningkatkan kreatifitas serta pemahaman materi atau konsep matematika pada peserta didik. Terutama pada siswa tingkat sekolah dasar, yang pada usia tersebut mereka masih memerlukan pemahaman karena belum dapat berfikir secara abstrak. Maka dengan metode yang menekankan pemahaman konsep akan memudahkan siswa dalam mempelajari matematika. Pada setiap pembelajaran diusahakan lebih ditekankan pada pemahaman konsep agar siswa  memiliki bekal dasar yang baik untuk mencapai kemampuan dasar yang lain seperti penalaran, komunikasi, koneksi dan pemecahan masalah.

Keywords


Role Playing; Elementary School; Mathematics

Full Text:

PDF

References


Anwar, Z. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 5(2), 24–32.

Basri, H. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 032 Kualu Kecamatan Tambang. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 1(1), 38–53. https://doi.org/10.33578/pjr.v1i1.4368

Firmansyah, E. K., Suhartono, & Roosyanti, A. (2020). Model Pembelajaran Role Playing pada Mata Pelajaran Matematika Materi Penaksiran Pecahan Sederhana Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dasar, 1–9.

Fitry, T., Maizora, S., & Rusdi. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Role Playing Ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(1), 6–12. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.1.6-12

Hartati, T., Widiyantoi, & Oktarina, N. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi. Economic Education Analysis Journal, 1(1), 1–6.

Kasanah, S. A., Damayani, A. T., & Rofian, R. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Role Playing Berbantu Media Multiply Cards terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 519–526. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22308

Kustiarini, & Prasetyo, P. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Role Playing Bagi Siswa Kelas IV SD. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 1(1), 65–77.

Nurhasanah, I. A., Sujana, A., & Sudin, A. (2016). Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hubungan Mahluk Hidup dengan Lingkungannya. Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Mahluk Hidup Dengan Lingkungannya, 1(1), 611–620. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2992

Pratama, R., & Fatahillah, A. (2017). Implementasi Metode Pembelajaran Role Playing pada Aritmetika Sosial untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa. Jurnal Edukasi, 4(2), 27–30. https://www.google.com/url?

Purba, A. (2017). Pemahaman dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Negeri Medan, 1(1), 1–9.

Sulastri, Y. L., Wahidin, D., & Ihsan, I. R. (2015). Belajar Matematika Secara Aktif Melalui Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Tipe Bermain Peran (Role Playing). Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, 1–6. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.2441.4165

Sulistyani. (2010). Penggunaan Metode Bermain Peran dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Soal Cerita pada Siswa Kelas 1 SDN Ujung VI No 31 Surabaya. Jurnal PGSD Universitas Surabaya, 1–6.

Wahyuningsih, S. L. (2016). Penggunaan Metode Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Penjumlahan dan Pengurangan pada Siswa Kelas VI SLB C1 Dharma Mulia Semarang. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 6(1), 82–95. https://doi.org/10.21580/phen.2016.6.1.947

Yulianto, A., Nopitasari, D., Qolbi, I. P., & Aprilia, R. (2020). Pengaruh Model Role Playing terhadap Kepercayaan Diri Siswa pada Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 97–102.

Zahro, F., & Suparkun. (2013). Metode Role Playing terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Tunarungu Kelas III. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Lulu Imanizar, Sopia Manalu, Nadia Lisbeth Napitupulu.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.