Pengembangan alat peraga "COTIK" (Corong Statistik) untuk pembelajaran materi statistik di kelas IV tingkat Sekolah Dasar

Dewi Zulaekhoh, Cindy Tifany, Innayah Tri Destari, Yuni Kurniasih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pada materi matematika statistika yang berbentuk corong. Penelitian pengembangan ini dilakukan di SDN 02 Pabuaran Depok. Dan penelitian ini menggunakan metode research and development dengan model ADDIE seperti berikut : Analisis yaitu menganalisa kebutuhan, Perancangan yaitu meyusun story bord, Pengembangan yaitu mengumpulkan materi dan mengembangkan produk serta revisi prosuk, Implementasi yaitu pengujian di SD kelas 4, dan tahap akhirnya Evaluasi yaitu melakukan angket untuk menguji kelayakan. Hasil dari penelitian ini dengan wawancara ke guru dan siswa menunjukkan bahwa media pembelajaran Cotik dapat memberi daya tarik siswa untuk belajar sehingga membantu guru untuk menciptakan pembelajaran inovasi dan menyenangkan.

Keywords


Pengembangan Alat Peraga; Alat Peraga COTIK (Corong Statistik); Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, K (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Android Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X Di SMK NU Ungaran (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Astuti (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Corong Hitung Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Perkalian. (Jurnal Penelitian Pendidikan), 21(1): 76-85.

Binangun, H.H & Hakim, A.R.(2016). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Jam Sudut Terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika),1(2) : 204-214.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Feratinia, PA (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Menggunakan Pendekatan Saintifik . Jurnal Mitra Pendidikan , 1(4): 432- 446.

Hakim, A.R. (2017). Pembelajaran Matematika yang Mudah dan Menyenangkan Bagi Peserta Didik. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika Fakultas Teknik, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indraprasta PGRI , 271-281.

Hakim, A.R. ( 2019). Menjawab Tantangan Era Industry 4.0 Dengan Menjadi Wirausahawan Di Bidang Pendidikan Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2: 480 – 489.

Hakim, A.R., Saputro, R. I. H., Jamaludin & Mulyana (2020). Pengembangan Media Informasi Statistika (MISTIK) untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika, 419 – 430.

Hamzah & Muhlisrarini. (2013). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Herawati, A, Wahyudi, & Indarini, E. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Bangun Ruang Berbasis Discovery Learning Dengan Construct 2 Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4): 396 – 403.

Karimah, I dkk (2019). Peranan Metode Pembelajaran Collaborative Learning terhadap Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2): 155- 162.

Khoiriah, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Materi Bangun Datar Untuk Kelas IV SD/ Mi (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Malasari, N. & Hakim, A. R. (2017). Pengembangan Media Belajar Pada Operasi Hitung Untuk Tingkat Sekolah Dasar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(1): 11 – 22.

Nadiyah, S dkk (2019). Desain Komik Strip Matematika pada Materi Statistika untuk Kelas VI Tingkat Sekolah Dasar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2): 135-146.

Rohmat, A.N. & Lestari,W (2019). Pengaruh Konsep Diri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1): 73 - 84.

Setiawan, E. (2018) Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII Di MTS N 1 Lampung Selatan (Skripsi). Lampung: Universitas islam Negeri Raden Intan Lampung.

Wiratomo, Y dkk (2018). Pengembangan Film Animasi Matematika Barisan dan Deret Bilangan Kelas III SD Menggunakan Stop Motion Studio. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(4): 141-152.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dewi Zulaekhoh, Cindy Tifany, Innayah Tri Destari, Yuni Kurniasih.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.