Penerapan strategi pembelajaran ekspositori untuk mencapai tujuan pembelajaran Matematika

Rinto Siswondo, Lasia Agustina

Abstract


Strategi merupakan usaha untuk memperoleh kesuksesan dan keberhasilan dalam mencapai tujuan. Dalam dunia pendidikan strategi dapat diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Pemilihan suatu strategi pembelajaran dilakukan dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi, sumber belajar, kebutuhan, dan karakteristik siswa yang dihadapi. Strategi yang digunakan oleh guru sangat berpengaruh kepada hasil belajar siswa, contohnya pada mata pelajaran matematika, guru mata pelajaran matematika menggunakan strategi pembelajaran ekspositori yang mana menyampaikan materi pelajaran secara verbal, artinya bertutur secara lisan merupakan alat utama dalam melakukan strategi ini dengan maksud agar peserta didik dapat menguasai materi pembelajaran secara optimal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kepustakaan, data diperoleh dari berbagai sumber referensi tertulis, baik dari jurnal maupun artikel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami strategi pembelajaran ekspositori, dengan memahami strategi pembelajaran ekspositori diharapkan pendidik dapat menerapkan keunggulan dan menghindari kelemahan yang ada. 

Keywords


Mathematic,Learning, Expository strategy

Full Text:

PDF

References


Alfian & Abdul Aziz Nurafriansyah. (2020). Perancangan Infografis Statis Tentang Generalized Anxiety Disorder (Gad). Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya Universitas Indraprasta PGRI e-ISSN:2623-0305 Vol. 2 No. 03. (http://jim.unindra.ac.id/article/)

Atriyanto, Bayu. & Edy Sulistyo (2014). Pengaruh Strategi Pembelajaran Ekspositori terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Memperbaiki Compact Cassete Recorder Kelas XI di SMA Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2): 09 – 13. (http://ejournal.unesa.ac.id/article/)

Dani Firmansyah. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan UNSIKA ISSN 2338-2996 vol. 3 no. 1. (http://scholar.google.co.id/article/)

Kumalasari, Ellisia. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Yang Diajar Dengan Menggunakan Metode Drill Dan Ekspositori. JP3M: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, vol. 2 no. 1, pp. 21–28. (http://scholar.google.co.id/article/)

M. Ardiansyah. (2016). Pengaruh Metode Partisipatori Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal SAP Universitas Indraprasta PGRI ISSN: 2527-967X Vol. 1 No. 1. (http://scholar.google.co.id/article/)

Mato, Rofinus. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Ekspositori Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Matematika Materi Pokok Fungsi Kelas Viii Smp Negeri 2 Sano Nggoang Tahun Pelajaran 2013/2014. JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education p- ISSN 2442-9511; e-ISSN: 2656-5862 Vol. 1, No. 1. (http://ejournal.mandalanursa.org/article/)

Republik Indonesia. (2003). Undang-undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: BNSP.

Rizal, M. Tayeb, Thamrin. & Latuconsina, Nurkholisah (2016). Efektivitas Penerapan Metode Ekspositori Berbasis Kuis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Mtsn Ma ’ R A N G Kabupaten Pangkep. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran ISSN: 2354-6883 ; e-ISSN: 2581-172X vol. 4, no. 2. (http://journal.uin-alauddin.ac.id/article/)

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Brorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rinto Siswondo, Lasia Agustina.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.