Analisis hambatan penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran Matematika SMK

Fahmi Yusuf, Septian Prasetyo, Amnah Amnah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan penggunaan TIK dalam pembelajaran matematika di SMK Nusantara 2 Jakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pengambilan data melalui pengamatan dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini mendeskripsikan secara kualitatif hasil dari kegiatan observasi dan hasil dari kegiatan pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ketersediaan TIK di SMK Nusantara 2 Jakarta sudah memadai dan dalam kondisi baik, (2) Kategori literasi TIK siswa dan guru matematika di SMK Nusantara 2 Jakarta tergolong baik, dan (3) Hambatan penggunaan TIK dalam pembelajaran Matematika adalah alokasi penggunaan TIK dalam pembelajaran Matematika rendah, serta persepsi guru Matematika tentang integrasi TIK dalam pembelajaran Matematika masil belum tepat atau salah. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa literasi TIK yang baik pada siswa dan guru tidak dimanfaatkan dengan baik dalam pembelajaran Matematika.

Keywords


Pembelajaran Matematika; Teknologi Informasi & Komunikasi; TIK.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Asmani, J. M. (2011). Tips Efektif Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan. Jogjakarta: DIVA Press.

Auliya, R. N., Pinahayu, E. A. R., & Adnyani, L. P. W. (2020). Pemanfaatan Microsoft Mathematics 4.0 dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika di SMA/SMK. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 11(1), 107-114. http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas/article/view/4629/3121

Chaeruman, U. A. (2005). Mengintegrasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) ke dalam Proses Pembelajaran: Apa, Mengapa, dan Bagaimana? ISSN: 0854 – 915X.

Darmawan, D. (2012). Teknologi Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Fitriyadi, H. (2013). Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi dalam Pendidikan: Potensi Manfaat, Masyarakat Berbasis Pengetahuan, Pendidikan Nilai, Strategi Implementasi dan Pengembangan Profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 21(3), 269-284. https://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/article/view/3255/2737

Ibrahim dan Suparni. (2012). Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.

Murtiyasa, B. (2006). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika.

Rusman, dkk. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Russel, J. (2004). Teaching of Mathematics. New Delhi: Campus Books International.

Supianti, I. I. (2018). Pemanfataan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran Matematika. MENDIDIK; Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 4(1), 63-70. http://jm.ejournal.id/index.php/mendidik/article/view/44/38

Tilaar, H.A.R. (2005). Kaleidoskop Pendidikan Nasional. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara.

Tinio, V. L. (2002). ICT in Education. http://2002.bilisimsurasi.org.tr/egitim/eprimer-edu.pdf

Wang, Q. (2008). A Generic Model for Guiding the Integration of ICT into Teaching and Learning. ISSN: 1470–3300.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fahmi Yusuf, Septian Prastyo, Amnah.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.