Penerapan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik di CV. MABERTECH

Dicky Setiawan, Resnu Wicaksono

Abstract


Karyawan merupakan salah satu sumber daya yang di gunakan sebagai alat penggerak dalam memajukan suatu perusahaan. Kinerja karyawan cukup berpengaruh dalam keuntungan yang didapat oleh perusahaan tersebut. Dalam pemilihan karyawan terbaik masih bersifat subjektif, atau tidak memiliki parameter tertentu dalam melakukan penilaian, hal ini tentu saja dikhawatirkan dapat menimbulkan kerancuan dan ketidak tepatan dalam menentukan karyawan terbaik pada CV. MABERTECH ini. Oleh sebab itu dibutuhkan lah sebuah sistem pendukung keputusan pemilihan karyawan terbaik di CV. MABERTECH. Adapun sistem tersebut adalah dengan menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy process) dan TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution). Adapun hasil dari penelitian yang dilakukan pada CV. MABERTECH yaitu nominasi karyawa terbai jatuh kepada saudara Putra dengan perolehan sebesar 0.6899, Hadi denga perolehan sebesar 0.6219, Andi dengan perolehan sebesar 0.5749, dan Ahmad dengan perolehan sebesar 0,4796.


Full Text:

PDF

References


. R. M. Muthe, A. Sindar,” Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Karyawan Terbaik Dengan Metode AHP”, JISKa, Vol. 3, No.2 , September, pp. 119-125, 2018.

. Desyanti, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Teladan Menggunakan Metode Analiticy Hierarcy Process (Ahp)”, Jurnal Inovtek Polbeng, Vol. 1, No.1, pp. 43-48, 2016.

. S. Pami, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Dengan Metode Promethee (Studi Kasus: Pt. Karya Abadi Mandiri),” Jurnal Pelita Informatika, Vol.16, No.3, pp. 298-301. 2017.

. Mesran, dkk, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) Menerapkan Metode MOORA”, Vol.2, No.2, April, pp. 16 -22, 2018.

. Tonny Limbong. Dkk. 2020. “Sistem Pendukung Keputusan : Metode dan Implementasi”. Yayasan Kita Menulis. Medan.

. M. A. Rupang, A. Kusnadi, “Implementasi Metode Entropy Dan Topsis Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik”, ULTIMA Computing, Vol. X, No.1,Juni, pp. 13-18, 2018.

. I. H. Firdaus, dkk., “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Ahp Dan Topsis”, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi, pp. 440-445. 2016


Refbacks

  • There are currently no refbacks.