Penentuan Jumlah Produksi Kue Kering Menggunakan Metode Integer Programming (Studi Kasus Usaha Kue Kering Ibu Afung)

Afdiani Fathinatussakinah, Amalia Nurrahmah, Daisy Fannysia, Dila Septania, Sita Rindiani Firly

Abstract


Home industri bu Afung merupakan sebuah home industri yang berkecimpung di dunia kuliner atau lebih tepatnya rumah usaha pembuatan kue kering. Terdapat beberapa jenis kue kering yang diproduksi oleh ibu Afung di antaranya: Kue Nastar, Kue Semprit, Kue Kacang dan Kue Putri Salju. Dalam setiap produksi kue kering bu afung memperoleh hasil penjualan yang kurang maksimal. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil penjualan maksimal dari produksi kue kering. Perencanaan produksi pada usaha kue kering bu Afung ini dapat dipandang sebagai model program integer yang bertujuan memaksimalkan hasil penjualan, dengan menentukan jumlah produksi untuk masing-masing jenis Kue Kering. Pencarian solusi untuk model ini dilakukan dengan menggunakan Metode Branch and Bound. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan software QM for Windows maka didapatkan Penjualan maksimal sebesar Rp. 2.380.000 dengan memproduksi jenis Kue Nastar sebanyak 4 Toples, Kue Semprit 20 Toples, Kue Kacang 8 Toples dan tidak memproduksi Kue Putri Salju.

Full Text:

PDF

References


Achmad Alfian. 2019. Model integer Programming untuk Mengoptimalkan Perencanaan Produksi Di UKM “X”. Jurnal Ilmiah Teknik Industri. Vol 7(2). Halaman: 99-107.

Havid Syafwan. 2015. Penerapahn Metode Branch And Bound Dalam Penyelesaian Masalah Pada Integer Programming. Jurnal Manajemen Dan Teknik Computer. Vol 1(2). Halaman: 89-96

Hillier, F. S., dan Lieberman, G. J. 2005. Operations Reasearch. Edisi ke-8. Terjemahan oleh Parama Kartika Dewa, dkk. Yogyakarta: ANDI.

Muslich, Muhammad, M. B. A. 2019. Metode Pengambilan Keputusan Kuantitatif. Jakarta Timur: PT. Bumi Aksara.

Pagiling, R. K. Dg., Sahari, A. dan Rais. 2015. Optimalisasi Hasil Produksi Tahu Dan Tempe Menggunakan Metode Branch And Bound (Studi Kasusu: Pabrik Tempe Eri Jl. Teratai No. 04 Palu Selatan). Vol 12(1). Halaman: 53-63.

Peluang Usaha, “ Peluang Usaha Sampingan Industry Rumahan Dengan Keuntungan Besar”. 2015. https://peluangusahasampingan99.blogspot.com/2015/01/peluang-usaha-sampingan-industri-rumahan.html

Roudhatul Janah A. M, dkk. 2018. Optimasi Hasil Produksi Tahu Dan Tempe Dengan Metode Branch And Bound Dan Metode Cutting Plane. Halaman: 43-47

Siringoringo, Hotnair. 2015. Seri Teknik Riset Operasi Pemrograman Linear. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Winston, W. L. 2004. Operations Research: Applications and Algorithms. Edisi Keempat. Canada: Brooks/Cole-Thomson Learning.

Yusrah Mazari Firdaus, dkk. 2019. Implementasi Alogaritma Branch And Bound Dalam Penentuan Jumlah Produksi Untuk Meminimalkan Keuntungan. STRING. Vol 4(1). Halaman: 65-79. ISSN: 2527-9661.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.