Penerapan Konsep Line Balancing Dalam Proses Produksi Pintu Dengan Metode Ranked Position Weight Di CV Indah Jati Permana

Winda Putri Febriani, Muhamad Alif Saputra, Dicky Setiawan, Fernando Lumbanraja

Abstract


Dalam dunia Industri, kebutuhan akan furniture berkembang sangat pesat, berbagai macam perusahaan berlomba-lomba dalam membuat sebuah produk dengan biaya dan waktu kerja yang efisien namun tidak menurunkan atau menghilangkan kualitas dari suatu produk. Dengan memilih bahan baku atau material yang diminati oleh banyak konsumen yaitu kayu jati. Oleh karena itu CV. Indah Jati Permana menggunakan Line Balancing dengan metode Ranked Position Weight. Line Balancing merupakan serangkaian stasiun kerja yang dipergunakan untuk pembuatan produk. Line Balancing biasanya terdiri dari sejumlah area kerja yang dinamakan stasiun kerja yang ditangani oleh seorang atau lebih operator dan ada kemungkinan ditangani dengan menggunakan bermacam-macam alat. Metode Ranked Position Weight adalah suatu metode yang membahas mengenai pembagian bobot kerja dengan menghitung waktu siklus, efisiensi lintasan dan smoothing indeks. Hasil dari analisis menyatakan bahwa adanya pengurangan jumlah stasiun kerja, yang awalnya 7 stasiun kerja menjadi 2 stasiun kerja, nilai efisiensi lintasan sebesar 99%, dan nilai smoothing indeks sebesar 3 yang optimal untuk CV.Indah Jati Permana.

Full Text:

PDF

References


Baroto, Teguh, “Perencanaan dan Pengendalian Produksi”, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002.

Erliana, Cut Ita, “Bahan Ajar (Jurusan Teknik Industri) Analisa dan Pengukuran Kerja”, Aceh : Universitas Malikussaleh, 2015.

Gasperz, Vincent, “Production Planning And Inventory Control”, Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama, 2004.

Ginting, Rosnani, “Sistem Produksi”, Yogyakarta : Graha Ilmu, 2007.

Afifudin, Mokh, “Penerapan Line Balancing Menggunakan Metode Ranked Position Weight (RPW) untuk Meningkatkan Output Produksi pada Home Industri Pembuatan Sepatu Bola”, Jurnal Industrial Engineering Management (JIEM), Vol.4 no.1, 2019.

Arifiana, Ghany Sayyida Nur dan I Wayan Suletra, “Analisis Line Balancing dengan RPW pada Departemen Sewing Assembly Line Style F16625W404 di PT. Pan Brothhers, Boyolali”, Seminar dan Konferensi Nasional IDEC 2017, 2017.

Azwir, Hery Hamdi dan Harry Wahyu Pratomo, “Implementasi Line Balancing untuk Peningkatan Efisiensi di Line Welding Studi Kasus : PT X”, Jurnal Rekayasa Sistem Industri, Vol.6 No.1, 2017.

Batubara, Sumiharni dan Nuradhi, Fikri, “Penyeimbangan Lini Perakitan Menggunakan Metode Genetic Algorithm untuk Meningkatkan Kapasitas Produksi”, Jurnal Teknik Industri, Vol.7 No.2, 2017.

Casban, Lien Herliani Kusumah, “Analisis Keseimbangan Lintasan untuk Menciptakan Proses Produksi Pump Packaging Systems yang efisien di PT.Bumi Cahya Unggul”, Seminar Nasional Sains dan Teknologi Universitas Muhammadiyah Jakarta, 2016.

Djunaidi, Muh dan Angga, “Analisis Keseimbangan Lintasan (Line Balancing) pada Proses Perakitan Body Bus Pada Karoseri Guna Meningkatkan Efisiensi Lintasan”, Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol. 5 No.2, 2017.

Ekoanindiyo, Firman Ardiansyah dan latief helmy, “Meningkatkan Efisiensi Lintasan Kerja Menggunakan Metode RPW dan Killbridge-Western”, Jurnal Dinamika Teknik, Vol.10 No.1, 2017.

Fatmawati, dkk, “Evaluasi dan Peningkatan Performansi Lini Perakitan Speaker dengan Menggunakan Ekonomi Gerakan dan Line Balancing”, Jurnal Teknik ITS Vol.8 No.1, 2019.

Gandasutisna, Priscilla dan Tanti Oktavia, “Perbaikan Tata Letak Fasilitas dengan Mempertimbangkan Keseimbangan Lintasan (Studi Kasus)”, Vo.4 No.2, 2016.

Herdiani, Leni dan Rico Syafarudin Nurcahyo, “Line Balancing untuk Tercapainya Efisiensi Kerja Optimal pada Stasiun Kerja”, TIARSIE, Vol.15, 2018.

Hermanto, ”Perencanaan Keseimbangan LINI (Line Balancing) untuk Meningkatkan Efisiensi Lintasan Kerja Perkaitan Elevator Pada PT Hyundai Elevator Indonesia”, Jurnal Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang, 2019.

Karina, Olga dan Asmugi, “Optimasi Kesetimbangan Lintasan Prduksi Pembuatan Tas di UD. KARYA TANGGULANGIN”, Junrnal Teknik Industri Heuristic, Vol.15 No.2, 2018.

Marfuah, Umi dan Cholis Nur Alfiat, “Analisis Kebutuhan Man Power dan Line Balaning Jalur Supplay Body 3 D01N PT. Astra Daihatsu Motor Karawang Assembly Plant (KAP)”, Jurnal Integrasi Sistem Industri, 2014.

Ma’arif, Safi’i, Nurhajati dan Budi Wahono, “Analisis Efisiensi Efektifitas Layout Fasilitas Produksi dengan Menerapkan Metode Line Balancing pada CV. Saluna”, e—Jurnal Riset Manajemen.

Nadeak, Multi dan Ngalimun, “Peningkatan Produktivitas pada Perakitan Lever Assy Select dengan Metode Line Balancing”, Jurnal TrendTech, Vol.13 No.1, 2018.

Ponda, Hendri, Joko Hardono dan Sofi Khaerul Pikri, “Analisa Keseimbangan Lintasan Produksi pada Pembuatan Radiator Mitsubishi PS 220 dengan Metode Ranked Position Weight (RPW)”, Jurnal Industrial Manufacturing, Vol.4 No.1, 2019.

Prabowo, Rony, “Penerapan Konsep Line Balancing untuk Mencapai Efisiensi Kerja yang Optimal pada Seiap Stasiun Kerja pada PT. HM. SAMPOERNA, Tbk”, Jurnal IPTEK, Vol.20 No.2, 2016.

Purnamasari, Ita dan Atikha Sidhi Cahyana, “Line Balancing Dengan Metode Ranked Position Weight (RPW)”, Jurnal Spektrum Industri, Vol.13 No.2, 2015.

Puteri, Renty Anugerah Mahaji dan Sudarwati, Wiwik, “Perancangan Line Balancing dalam Upaya Perbaikan Lini Produksi dengan Simulasi ProModel di PT. Caterpillar Indonesia”, Jurnal Teknik Industri, 2016.

Putri, Herlina W, Ahmad Sidiq dan Reza Maulana, “Analisis Keseimbangan Lintasa Produksi dengan Menggunakan Metode Ranked Position Weight (RPW) (Studi Kasus : PT. Krakatau Steel, Tbk. Cilegon, Banten)”, Vol.1 No.1, 2017.

Riani, Lilia Pasca, Herawati, “Analisis Layout dan Line Balancing Fasilitas Produksi”, Jurnal Riset Ekonomi, Vol. 1 No. 2, 2014.

Roslinda, Emi, dkk, “Efisiensi Tenaga Kerja Produksi Kayu Lapis Menggunakan Metode Line Balancing Di PT. Harjohn Timber LTD”, Jurnal Hutan Lestari, Vol.7 No.2, 2019.

Salim, Hengky K., Kuswara Setiawan dan Lusia P.S. Hartanti, “Perancangan Keseimbangan Lintasan Produksi Menggunakan Pendekatan Simulasi dan Metode Ranked Positional Weights”, Vol.XI No.1, 2016.

Siregar, Denny dan Abdul Yasid, “Analisis Peningkatan Kapasitas Produksi Pada Proses Pembuatan Frame Motor KLX dengan Metode Line Balancing di PT. KMI”, Jurnal MATRIK, Volume XIX No. 1, 2018.

Siska, Merry dan Ruby Suryanata, ”Analisis Keseimbangan Lintasan Pada Lantai Produksi CV. Bobo Bakery”, Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi dan Industri (SNTIKI) 4, 2012.

Wahyuniardi, Rizky, Putri Mely Zalynda dan Satrio Pamungkas, “Perbaikan Keseimbangan Lintasan Perakitan dengan Algoritma Genetika (Studi Kasus di CV. Jaya Pratama Bandung), Seminat Nasional Mesin dan Industri (SNM17) 2012, 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.