Analisis Antrian Pada Loket Mrt Di Stasiun Senayan Dengan Menggunakan Simulasi Promodel

Reno Pratama Edi, Ilham Purnama

Abstract


Mass Rapid Transit (MRT) merupakan sebuah inovasi baru pemerintah untuk menyelesaikan persoalan kemacetan di Jakarta, namun untuk menggunakan jasa pelayanan yang satu ini sudah pasti terdapat antrian pelayanan. Permasalahan yang terjadi adalah meningkatnya minat masyarakat untuk menggunakan transportasi ini sehingga menimbulkan antrian pelayanan yang panjang.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sitem antrian yang diterapkan pada MRT. Dari hasil perhitungan menyatakan bahwa untuk rata-rata jumlah orang (pelanggan) didalam sistem (yang menunggu dan dilayani) sejumlah 2 orang/ Menit, untuk hasil promodel dapat diketahui bahwa bahwa pada antrian kedatangan memiliki utilisasi 86,15, kemudian loket pelayanan 97,87 sedangkan antrian masuk sebesar 93,21 serta mesin tapping sebesar 99,71. Hasil utilitasnya diatas 50%, menunjukkan bahwa pada jalur tersebut mengalami antrian, namun masih efektif dan wajar jadi tidak terlalu membutuhkan perbaikan sistem maupun pelayanan.


Full Text:

PDF

References


Bambang, W. (2016). Analisis Sistem Antrian. Lampung: Duta Graha Solusi

Cornelia, Riri. (2018). Analisis Antrian Pada Loket Pembuatan Elektronik KTP Dengan Menggunakan Simulasi Promodel. Jurnal String. Vol 3, No. 2.

Harrell, C., Gosh, Biman K., Bowden, Royce O., Jr. 2012. Simulation Using ProModel, Third Edition. New York: McGraw-Hill

Sari, Novela S. 2013. Analisis Teori Antrian pada Stasiun Pengisin Bahan Bakar Umum (SPBU) Gajah Mada Jember. Skripsi Universitas Jember. Jember

Kakiay, T. J. 2004. Dasar Teori Antrian untuk Kehidupan Nyata. Yogyakarta: Andi.

Basuki, M. (2018). Analisis Sistem Antrian Pelayanan Registrasi Mahasiswa di BAAK Universitas Tridinanti Palembang. Sistem dan Manajemen Industri Vol. 2 , 17-22.

Widiantono, Erwin.,Tedjo Sukmono. (2017). Analisis Antrian Service Motor di Dealer Resmi Honda. Prozima Vol 1, No. 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.