Penerapan Metode Hungarian dalam Optimasi Penugasan Karyawan CV. Paksi Teladan

Suci Mardiani, Fahmita Lia Sari, Candra Novita, Zainal Arifin Fanani, Doni Abbas Afandhi

Abstract


CV. Paksi Teladan merupakan perusahaan yang bergerak bidang manufaktur yang memproduksi kusen alumunium kaca. Dalam melakukan proses produksi terdapat kendala pada kinerja operator, yakni ketidaksesuaian penempatan operator dalam melakukan pekerjaan yang ditangani. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan penugasan yang sesuai berdasarkan keahlian atau kemampuan operator dalam melakukan kegiatan proses produksi, dengan menggunakan data dari penelitian proses produksi dan kinerja yang diperoleh di CV. Paksi Teladan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Hungarian yang merupakan teknik pemecahan permasalahan penugasan (Assigment ) operator kerja. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, dengan QM for Windows diperoleh kesimpulan bahwa metode ini dapat meminimumkan biaya dan mengoptimalkan kinerja operator.


Full Text:

PDF

References


P. Subagyo, Dasar-Dasar Operations Research, Edisi 2, Yogyakarta: BPFE, 1999.

S. B. Ayu. ”Penyelesaian Masalah Penugasan Menggunakan Metode Hungarian dan Pinalti (Studi Kasus: CV. Surya Pelangi), vol.3, no.1, 2017.

R. Januardi, “Optimalisasi Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Mata Kuliah Media Komputer Dengan Penugasan (Assignment) Menggunakan Metode Hungarian. Vol.3, No.2, Januari 2018. ISSN: 2527-4295 (Print). ISSN: 2614-6061 (Online).

Sofiyan,N. Analisis Penggunaan Metode Assignment dalam Mengoptimalkan Penugasan Karyawan untuk Setiap Dapartemen pada Proses produksi Ikan Teri Cryspi. Vol. 11 No 2, Oktober 2018. ISSN : 0216-9496(print). ISSN : 2502-5325(Online).

Nur,H.dkk. Analisis Assignment problem berdasarkan penilaian kinerja karyawan menggunakan metode Hungarian (Hungarian Method) dan pohon keputusan (Decision Tree). Vol 9 (1) 2017. Hal 48-54. ISSN : 0285-6911 (Print). ISSN : 2528-1518 (Online).

Susanto,Alvin.2008. Penggunaan Algoritma Hungarian Dalam Menyelesaikan Persoalan Matriks Berbobot. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Wayne. dkk. 2014. Operations Research Aplications And Algorithms. United Kingdom, Uited States : Thomson Books/Cole.

Aminudin, 2005, Prinsip-Prinsip Riset Operasi, Jakarta: Erlangga.

S. Mulyono, 2007, Riset Operasi, Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

O. Wahyu, dan T. Dessy,T, Penugasan Operator Mesin Produk Dengan Menggunakan Metode Hungarian Dan Algoritma Generate And Test, Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.