ANALISIS KETERLAMBATAN BERBAHASA INDONESIA PADA ANAK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA (STUDI KASUS ANAK USIA 5 TAHUN)

Putri Herawati, Jatut Yoga Prameswari, Sumarti Sumarti

Abstract


Keterlambatan berbahasa merupakan keadaan dimana anak mengalami keterlambatan yang tidak sesuai dengan tahapan perkembangan diusianya, anak mengalami kesulitan dalam berbahasa untuk berkomunikasi dengan orang lain, kurangnya menguasai kosa kata. Anak yang mengalami keterlambatan berbahasa akan berpengaruh pada perkembangan bahasanya jika tidak segera ditangani. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis keterlambatan berbahasa Indonesia pada anak dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia (studi kasus anak usia 5 tahun). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah fenomenologi dengan cara peneliti melihat fenomena yang terjadi secara langsung di lapangan. Dari hasil analisis yang ditemukan bahwa penyebab keterlambatan berbahasa Indonesia yang terjadi pada anak yakni disebabkan adanya faktor biologis, psikologis, fonologis, morfologis, sosial. Kata Kunci: Keterlambatan berbahasa, anak usia 5 tahun, pembelajaran bahasa

Full Text:

PDF

References


Dardjowidjojo, S. (2010). Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Manusia Edisi Kedua.

Jakarta: Yayasan Obor Indonesia Unika Atma Jaya.

Khoiriyah, K., Ahmad, A., & Fitriani, D. (2016). Model Pengembangan Kecakapan Berbahasa

Anak Yang Terlambat Berbicara (Speech Delay) (Doctoral dissertation, Syiah Kuala

University). Diakses pada tanggal 1 Maret 2021 dari

https://www.neliti.com/publications/187403/model-pengembangan-kecakapanberbahasa-anak-yang-terlambat-berbicara-speech-dela.

Marisa, R. (2015). Permasalahan Perkembangan Bahasa dan Komunikasi Anak. JPsd (Jurnal

Pendidikan Sekolah Dasar), 1(2), 47-55. Diakses pada tanggal 09 April 2021 dari

http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpsd/article/view/694

Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Kencana. Diakses

pada tanggal 3 Maret 2021 dari https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=rpADwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA2&dq=Madyawati,+L.+(2016).+Strategi+pengemb

angan+bahasa+pada+anak.+Kencana.&ots=a91PjSNgX&sig=0LT6BpzR8JrMH542A2vSe_Q8giU.

Nafi'ah, S. A., & Maghfiroh, N. (2020). Analisis Keterlambatan Bahasa Pada Anak. AsSibyan, 3(1), 51-61. Diakses pada tanggal 5 Maret 2021 dari

https://ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/As_Sibyan/article/view/152.

Ni’matuzahroh, S., & Prasetya Ningrum, S. (2018). Observasi: Teori dan Aplikasi

dalam Psikologi (Vol. 1). Malang: UMMPress. Diakses pada tanggal 11 Maret

dari

https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=CMh9DwAAQBAJ&oi

=fnd&pg=PR5&dq=Ni%E2%80%99matuzahroh,+S.,+%26+Prasetya+

Ningrum,+S.+(2018).+Observasi:+Teori+dan+Aplikasi+dalam+Psikolo

gi+(Vol.+1).+Malang:+UMMPress..&ots=FIZ95jTI2f&sig=LCrqXl5B

ByQMxLsqF8fOp2iEV6o.

Saputra, A., & Kuntarto, E. (2020). Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Bicara Pada Anak

Usia Prasekolah. Repository Unja. Diakses pada tanggal 10 Maret 2021 dari

https://repository.unja.ac.id/11182/




DOI: https://doi.org/10.30998/.v2i01.6591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Indonesian Language Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in Sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
Alegori Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.