PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII SMP HARJAMUKTI DEPOK

Lulu' Ur Rohmah, Siti Jubei, Azhari Ikhwati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguraikan: (1) perbedaan menulis teks laporan hasil observasi yang menggunakan metode pembelajaran inkuiri dengan menulis teks laporan hasil observasi yang tidak menggunakan metode pembelajaran inkuiri pada siswa kelas VII SMP Harjamukti Depok, (2) kesesuaian penggunaan metode pembelajaran inkuiri untuk diterapkan dalam materi menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Harjamukti Depok, dan (3) pengaruh metode pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Harjamukti Depok. Metode penelitian ini adalah metode penelitian true exsperimental design dengan bentuk posttest only control design. Data dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t separate variance. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan antara kedua metode dan pengaruh yang signifikan pada pengaruh metode pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Harjamukti Depok, yaitu sebesar π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” = 6,9263 > π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ = 2,042. Adanya perbedaan dan pengaruh yang signifikan tersebut, bisa disimpulkan bahwa ada kesesuaian metode metode pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Harjamukti Depok.

Full Text:

PDF

References


Budiyanto, A. K. (2016). Sintaks 45 model pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). Malang: UMM Press. Isskandarwassid & Sunendar, D. (2008). Strategi pembelajaran bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Kosasih & Kurniawan, E. (2019). 22 jenis teks & strategi pembelajarannya di SMA-MA/SMK. Bandung: Penerbit Yrama Widya. Pentury, H. J., Anggraeni, A. D., & Sulastri S. (2017). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Unindra Press. Riadi, E. 2015. Metode statistika parametrik dan nonparametrik. Tangerang: Pustaka Mandiri Sugiyono. (2016). Metode penelitian: kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta. Afrina, S., Atmazaki, dan Arief, E. (2017). Pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6 (2) hlm. 321-328. Diakses pada 1 Desember 2020 dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/article/download/8656/6659 Aida. (2017). Penerapan metode inquiry dalam meningkatkan keterampilan menulis tekas laporan hasil observasi di kelas VII-5 SMP Negeri 1 Takengon. Media Inovasi Edukasi, 3 (8) hlm. 83-92. Diakses pada 3 Oktober 2019 dari http://jurnal.ymie.or.id/index.php/jmie/article/download/106/92 Astuti, M. T. (2019). Yuk, ungkap idemu melalui teks persuasi hingga teks tanggapan. Depok: Penerbit Duta. Diakses pada 26 November 2019 dari https://books.google.co.id/books?id=koutDwAAQBAJ&pg=PA10&dq=teks+laporan+hasil+o bservasi&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwixvOTiy-fmAhXA4nMBHXTDrIQ6AEIPjAC#v=onepage&q=teks%20laporan%20hasil%20observasi&f=false Hanafi, H., Adu, L., & Zainuddin. (2018). Ilmu pendidikan Islam. Yogyakarta: CV Budi Utama. Diakses pada 6 Desember 2019 dari https://books.google.co.id/books?id=zIOYDwAAQBAJ&pg=PA228&dq=metode+pembelaja ran+inkuiri+hanafi&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwiOpZj9zOfmAhVJ7HMBHW5MAAgQ6A EILzAB#v=onepage&q=metode%20pembelajaran%20inkuiri%20hanafi&f=false Widaningsih, I. (2019). Strategi dan inovasi pembelajaran bahasa Indonesia di era revolusi industri 4.0. Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia. Diakses pada 26 November 2019 dari 114 https://books.google.co.id/books?id=N0- gDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=widaningsih+strategi+dan+inovasi+pembelajaran+b ahasa+indonesia&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwiPs4KYzufmAhVRIbcAHVdtD7QQ6AEIKT AA#v=onepage&q=widaningsih%20strategi%20dan%20inovasi%20pembelajaran%20bahasa %20indonesia&f=false




DOI: https://doi.org/10.30998/.v1i1.3833

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Indonesian Language Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, IndonesiaΒ | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in Sunday and public holidays in Indonesia
E-mail:Β kampus@unindra.ac.id

Β 

Creative Commons License
Alegori Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.