PENGGAMBARAN KARAKTER TOKOH UTAMA PADA FILM AJARI AKU ISLAM KARYA JAYMES RIYANTO DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Noviarini Hidayah, Hery Purwosusanto, Erna Megawati

Abstract


Fenomena mualaf yang sedang menjadi perhatian besar di dunia. Islam menjadi agama yang saat ini paling pesat perkembangannya. Salah satunya karena tingginya angka mualaf di negeri muslim maupun dunia Barat. Hal ini terjadi karena agama lamanya tidak mampu menjawab problematika yang ada. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dan menggunakan teknik analisis isi, yaitu penggambaran karakter tokoh utama berupa dialog. Setelah dianalisis dan presentase, data dijadikan pedoman untuk membuat simpulan tentang penggambaran karakter tokoh utama pada film. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggambaran karakter tokoh utama pada film Ajari Aku Islam karya Jaymes Riyanto dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini dapat diimplikasikan terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di kelas XI dalam materi cerpen. Penelitian ini dapat diimplikasikan terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di kelas XI dalam materi cerpen. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penulis terhadap dialog film Ajari Aku Islam, ditemukan beberapa kutipan dialog dengan cara penggambaran karakteristik tokoh. Penggambaran tersebut kemudian dihitung untuk mendapatkan persentase dari masingmasing penggambaran tokoh utama. Dengan bimbingan guru, siswa dapat belajar menggambarkan karakter tokoh utama pada film.

Full Text:

PDF

References


Bogdan, R.C. &. Biklen, S.K. (1990). Penelitian kualitatif untuk pendidikan. Jakarta: Pusat

Antar Universitas.

Damono Djoko Sapardi. (2016). Alih wahana. Jakarta: Editum.

Kosasih E., Kurniawan Endang. (2019). 22 Jenis teks & strategi pembelajarannya di SMAMA/SMK. Bandung: Yrama Widya.

Moleong, J. L. (2000). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ratna, N. K. (2004). Teori, metode, dan teknik penelitian sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2007). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2014). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Teeuw, A. (1984). Sastra dan ilmu sastra, pengantar teori sastra. Jakarta; Pustaka Jaya.

Waluyo, Herman J. (2001). Drama teori dan pengajarannya. Yogyakarta: Hanindita Graha

Widia.

Wiyanto, Asul. (2002). Terampil bermain drama. Jakarta: Grasindo.

Wiyatmi. (2006). Pengantar kajian sastra. Yogyakarta: Pustaka




DOI: https://doi.org/10.30998/.v1i1.3826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Indonesian Language Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in Sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
Alegori Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.