ASPEK PSIKOLOGI DALAM NOVEL BARA KARYA FEBRIALDI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Endah Suci, Fatimah Fatimah, Yulia Agustin

Abstract


Penelitian ini adalah untuk melihat aspek psikologi yang terdapat dalam novel Bara Surat Terakhir Seorang Pengelana karya Febrialdi R. ditinjau melalui analisis psikologi sastra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang mengutamakan ke dalam penghayatan terhadap interaksi atau konsep yang sedang dikaji mengenai aspek psikologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek psikologi pada novel Bara Surat Terakhir Seorang Pengelana karya Febrialdi R lebih didominasi oleh unsur hasil temuan penelitian yang mengacu pada aspek psikologi dalam novel Bara Surat Terakhir Seorang Pengelana karya Febrialdi R, penulis menggunakan informasi mengenai hasil temuan penelitian sebagai berikut. Penelitian berupa kutipan-kutipan dalam novel Bara Surat Terakhir Seorang Pengelana karya Febrialdi R kecenderungan aspek psikologi mengarah pada aspek ego. Dalam novel terdapat 11 kutipan atau 19% pada aspek id, tidak terdapat ego terdapat 18 kutipan atau 30%, unsur superego terdapat 8 kutipan atau 13%, aspek eros terdapat 15 kutipan atau 25%, dan unsur thanatos terdapat 8 kutipan atau 13%. Dari penelitian ini, unsur psikologi yang paling dominan adalah unsur ego sebesar 30% dan unsur eros sebesar 25%. Aspek ego yang terdapat pada tokoh dalam novel ini muncul karena adanya perasaan dari bentuk penyesalan, ketidaksenangan, dan kemarahan. dan unsur thanatos terdapat 8 kutipan atau 13%. Dari penelitian ini, unsur psikologi yang paling dominan adalah unsur ego sebesar 30% dan unsur eros sebesar 25%. Aspek ego yang terdapat pada tokoh dalam novel ini muncul karena adanya perasaan dari bentuk penyesalan, ketidaksenangan, dan kemarahan. dan unsur thanatos terdapat 8 kutipan atau 13%. Dari penelitian ini, unsur psikologi yang paling dominan adalah unsur ego sebesar 30% dan unsur eros sebesar 25%. Aspek ego yang terdapat pada tokoh dalam novel ini muncul karena adanya perasaan dari bentuk penyesalan, ketidaksenangan, dan kemarahan.

Full Text:

PDF

References


Aswirnako. (2013). Kajian Puisi. Jakarta: Salemba Humanika.

Endraswara, S. (2013). Metodologi Penelitian Psikologi Sastra. Yogyakarta: FBS Universitas

Negri Yogyakarta.

Fikra, L. (2019). Analisis Psikologi Sastra Pada Novel Lelaki Harimau. Prosiding SENASABA,

http://research-report.umm.ac.id/index.php/SENASABA.

Kosasih, E. (2014). Dasar-dasar keterampilan bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Minderop, A. (2013). Psikologi sastra : Karya, Metode, Teori dan Contoh Kasus. Jakarta:

Pustaka Obor Indonesia.

Nurgiyantoro, B. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pradnyana, I. W., & Sutama, G. A. (2019). Psikologi Tokoh Dalam Novel Suti Karya Sapardi

Djoko Damono. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran p-ISSN: 1858-4543eISSN : 2615-6091.

Semi, A. (2012). Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.30998/.v1i1.3818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Indonesian Language Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in Sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
Alegori Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.