KESALAHAN PENGGUNAAN HURUF KAPITAL DALAM CERPEN SISWA KELAS XI SMK PRESTASI AGUNG RAWAMANGUN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Fani Nurseptiani, Heppy Atmapratiwi, Sri Saraswati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesalahan penggunaan huruf kapital dalam cerpen siswa kelas XI SMK Prestasi Agung Rawamangun dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik analisis isi, yaitu analisis karangan peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan huruf kapital dalam cerpen karya siswa masih banyak kesalahan. Kesalahan yang paling banyak ditemukan adalah (1) huruf kapital sebagai huruf pertama unsur nama orang sejumlah 27,68%, (2) kapital sebagai huruf pertama awal kalimat sejumlah 23.08%, (3) kapital sebagai kata penunjuk hubungan kekerabatan sejumlah 23,38%, (4) kapital pada awal kalimat petikan langsung sejumlah 13,99%, (5) kapital sebagai huruf pertama semua kata dalam negara, lembaga, badan organisasi, atau dokumen sejumlah 6,30%, (6) kapital sebagai huruf pertama nama tahun, bulan sejumlah 4,20, dan (7) kapital sebagai huruf pertama setiap kata nama agama, kitab suci, dan Tuhan serta huruf pertama geografi sejumlah 0,70%. Dengan demikian penggunaan huruf kapital yang tepat harus mendapat perhatian yang lebih besar dan lebih banyak agar menulis karangan cerpen siswa menjadi lebih baik.

Full Text:

PDF

References


A, Alek., dan Achmad, H. P. (2011). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta:

Kencana.

Finoza, L. (2005). Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.

Hanafi, A. H. (2011). Metodologi Penelitian Bahasa. Jakarta: Diadit Media Press.

Mulyana, D. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Priyatni, E. T. (2015). Membaca Sastra dengan Ancangan Literasi Kritis: Jakarta: Bumi

Aksara.

Siagian, I. dkk. (2015). Bahasa Indonesia Progam Studi Bahasa Inggris. Jakarta: Unindra Press

Sugiyono. (2017) Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Sugono, D. dkk. (2010). Kamus bahasa Indonesia sekolah dasar. Jakarta: PT Gramedia

Pustaka Utama.

Suparlan. (2014). Panduan lengkap EYD. Yogyakarta: Pusataka Baru Press

Tarigan, H. G. (2009). Pengajaran ejaan bahasa Indonesia. Bandung: Penerbit Angkasa.

Tim Pengembang Pedoman Bahasa Indonesia (2016). Pedoman umum ejaan bahasa

Indonesia.

Yunus, S. (2015). Kompetisi Menulis Kreatif. Bogor: Ghalia Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.30998/.v1i1.3816

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Indonesian Language Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in Sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
Alegori Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.