Sistem Pakar Untuk Analisa Tingkat Stres Belajar Siswa SMK Dengan Algoritma Inferensi Forward Chaining

Nilma Nilma

Abstract


Abstrak

Sekolah menengah kejuruan merupakan satuan pendidikan formal setelah siswa menyelesaikan sekolah menengah pertama. Siswa yang memilih sekolah menengah kejuruan dapat memiliki pengalaman selain teori akademik yang diberikan tetapi juga praktik kerja. Tak luput para orang tua menuntut agar anak belajar lebih giat. Tidak hanya dituntut untuk mendapatkan nilai bagus, tetapi siswa sekolah menengah kejuruan juga harus melatih keterampilan sesuai dengan kejuruan yang diminati. Hal itu dilakukan agar siswa siap bersaing dilapangan kerja. Dengan kondisi tersebut banyak kesulitan yang dialami oleh siswa, beberapa yang sering terjadi yaitu disaat siswa mendapati hasil ujian tidak sesuai harapan, lingkungan sekolah dan dirumah yang membuat tertekan siswa, berdampak pada prestasi kian menurun, kemudian menimbulkan kecemasan yang menjadikan siswa mengalami stres. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti bekerja sama dengan guru spesialis bimbingan dan konseling dari pihak sekolah untuk menganalisa tingkat stres belajar pada siswa menggunakan metode sistem pakar inferensi forward chaining yang diimplementasikan dengan teknologi berbasis android. Dengan demikian penelitian ini menghasilkan informasi mengenai kondisi stress yang sedang dialami oleh siswa tergolong stress ringan, sedang, atau kah termasuk stres berat, serta mengambil tindakan pencegahan pada siswa untuk menghindari hal-hal yg lebih buruk terjadi menggunakan sistem pakar ini.

 

Kata Kunci : Sistem Pakar, Inferensi Forward Chaining, Tingkat Stress, Aplikasi Android


Full Text:

PDF

References


D. Wahyuni, “Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran,” Dki Jakarta, 2022. Accessed: Jun. 09, 2022. [Online]. Available: Jdih.Kemdikbud.Go.Id

T. Sunarni, A. Husaini, And Y. Dicka Pratama, “Analisis Tingkat Stres Mahasiswa Keperawatan Dalam Mengikuti Sistem Pembelajaran Blok,” Saintek, Vol. 1, No. 1, Pp. 44–60, 2017.

A. Kusnadi And I. Putra, “Rancang Bangun Sistem Pakar Prediksi Stres Belajar Dengan Neural Network Algoritma Backpropagation,” Ultimatics, Vol. Vii, No. 2, Pp. 105–112, 2015.

N. T. Lumban Gaol, “Teori Stres: Stimulus, Respons, Dan Transaksional,” Buletin Psikologi, Vol. 24, No. 1, Pp. 1–11, Jun. 2016, Doi: 10.22146/Bpsi.11224.

Y. Nurmalasari, Y. Riksa Yustiana, And Ilfiandra, “Efektivitas Restrukturisasi Kognitif Dalam Menangani Stres Akademik Siswa.”

M. E. Kemeny, “The Psychobiology Of Stress,” Department Of Psychiatry, University Of California, San Francisco, San Francisco, California, Vol. 12, No. 4, 2003.

M. Lieberman, K. Nguyen, B. Soni, And J. Xi, “Social Sources Of Emotional Distress,” Journal Of Health And Social Behavior , Vol. 22, Pp. 337–356, 1981, [Online]. Available: Http://About.Jstor.Org/Terms

C. R. P. Amalia, “Expert System To Diagnose The Level Of Learning Stress In High School Students Using The Forward Chaining Method,” International Journal Education And Computer Studies (Ijecs), Vol. 1, No. 1, Pp. 8–15, 2021, Doi: 10.35870/Ijecs.V1i1.

Muktar And Ismail, “The Use Of Certainty Factor (Cf) In Technostress Diagnation Expert System,” International Journal Of Innovative Science And Research Technology , Vol. 4, No. 5, Pp. 2456–2165, 2019, [Online]. Available: Www.Ijisrt.Com

A. Hadisuryanto And A. R. Kardian, “Sistem Pakar Untuk Mengukur Tingkat Stres Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Dengan Metode Forward Chaining Berbasis Web,” Jurnal Ilmiah Komputasi, Vol. 15, No. 2, Pp. 1412–9434, 2016, [Online]. Available: Www.Pakarmahasiswa.Pe.Hu.

P. Dina Mardika, A. Fauzi, And Nilma, “Implementasi Metode Scrum Pada Perancangan Sistem Informasi Tata Usaha Sekolah Berbasis Web,” Jurnal Publikasi Teknik Informatika, Vol. 1, No. 1, 2022.

A. Oluwafemi J And J. Ibrahim A, “Expert System For Diagnosis Neurodegenerative Diseases,” International Journal Of Computer And Information Technology, Vol. 04, No. 04, Pp. 2279–0764, 2015, [Online]. Available: Www.Ijcit.Com694




DOI: https://doi.org/10.30998/jrkt.v2i02.6729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         View My Stats