Sistem Pakar Penentuan Menu Diet Bagi Penderita Diabetes Mellitus

Mutia Dewanti, Akbar Muchbarak, Fita Widiyatun

Abstract


Sistem pakar adalah sistem berbasis komputer yang menggunakan pengetahuan, fakta, dan teknik penalaran dalam memecahkan masalah yang biasanya hanya dapat dipecahkan oleh seorang pakar dalam bidang tertentu. Sistem pakar memberikan nilai tambah pada teknologi untuk membantu menangani era informasi yang semakin canggih. Sistem pakar penentuan menu diet bagi penderita diabetes mellitus ini menampilkan besarnya nilai kepercayaan yang merupakan hasil perhitungan dengan menggunakan metode Dempster-Shafer berdasarkan keluhan yang dipilih. Selain itu, sistem pakar ini juga menghasilkan keluaran berupa kemungkinan user menderita diabetes mellitus, pre diabetes mellitus atau normal berdasarkan masukan berupa hasil kadar glukosa plasma dan HbA1c. Sehingga, ketika user termasuk kategori diabetes mellitus, sistem akan menampilkan menu diet bagi penderita diabetes mellitus.

Kata Kunci : Diabetes Mellitus, metode Dempster Shafer.


Full Text:

PDF

References


Perkumpulan Endokrinologi Indonesia, Konsensus Pengendalian dan Pencegahan Diabetes Mellitus Tipe 2 di Indonesia. Jakarta: PB PERKENI, 2011.

R. kesehatan Dasar, Riset kesehatan dasar. 2013.

Perkumpulan Endokrinologi Indonesia, Petunjuk Praktis: Terapi Insulin Pada Pasien Diabetes Mellitus. Jakarta: PB PERKENI, 2011.

A. D. Association, Diabetes Care in Specific Setting. Diabetes Care, 2012.

A. D. Association, Standarts of medical care in diabetes 2014. Diabetes Care, 2014.

A. D. Association, No Title. 2009.

A. D. Association, “Standards of Medical Care in Diabetes 2015, 33rd ed. Clien diabetes, 2015.

International Diabetes Federation (IDF), IDF Diabetes Atlas Sixth Edition. International Diabetes Federation (IDF), 2013.

R juneja and F. Meah, “Insulin Tactics in Type 2 Diabetes.” Dalam Hirsch IB (eds). Diabetes Management. Med Clin North Am, 2015.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrkt.v1i02.4092

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         View My Stats